Kamis, 21 Oktober 2021

Martin Heidegger

 

Martin Heidegger

·         Filsuf modern fenomenolog, postmo muridnya, (Jean Paul sarte),

·         Pengikut Nazi, lahir di kalangan Katolik, sekolah jadi calon imam, asisten Husserl. Sempat jadi hater dan menggeser Husserl. Dia kemudian didenazi, perselingkuhan dengan mahasaiswanya dua orang, salah satunya Hanna Arent. (hana aren’t) perselingkuhan dgn Heidegger.

·         Dia dikritik oleh muridnya, hana aren’t, karl jasper. (cari buku perselingkuhna hana aren dan heideger)

·         Pemikirann : 1. Neo kantianisme, (tidk semata2 realitas ada pada subyek), 2. Fenomenologi Husserl 3.hermenuitek (schlaimacer) dijadikan teori umum, wilhem dilthey  manusia tdk bisa dejlaskan hnya fisik, (memahami manusia harus empati), (dari pemahaman umum ke ilmu manusia), transposisi, org yg empati pasti hnya orgnya mengalaminya.  4. Philosophy of will nietzche (semua org ingin mendominasi, menguasai, itulah pernyataan nice) dlm bidang apapun. Inilah yg mmbuat sarte mengatakan bahwa org lain adalah neraka. 5. Philosophi of life (Bergson).

·         Fil barat lupa ontology terllu focus pada metafisika dan epistemology. Ontology itu ada, segala sesuatu ada, baik dalam fisik dan metafisik. Yg inti adalah ontology. Hermenuitis ontolgis.

·         Karya terbesarnya adalah being and time, ada dan waktu. Heideger tdk mengakui adanya pengada yg transendentaal.

·         1.kritik trhdp fil dan sain moder; reduktif membaca realitas, padahal sisinya bayak dari realitas. Kebenaran bukan soal pengetahuan tapi keterbukaan. Bukan kita melihat barang, tapi barang itu menampil apa bagi saya. Kekeliruan hy melihat alam, matematis, empiris. Kebenaran itu adalah menampilkan dirimu seperti apa? Teknologi modern, isap sebnayaknya dan dgn modal sedikitnya.

·         Ilmu pengethuan dan teknologi hnayalah salah satu ungkapan dari ralitas. Hny melihat astu maka kita membuang berbagai hal, apa lagi metafisika. Diskusinya hanyalah meaningless. Dunia ini multi dimensi dan wajah, bahwa realitas satu wajah, tafsir realitas selal tampil sesuai dgn kacamatan yg anda pakai.

·         Yunani kuno itu sangant ideal, ada seniman, puisi, mitolog. Setelah yunani kuno terpecah.

·         Relitas masuk ke dalam kesadaranku sesuai dgn apa adanya dia dan itu membut kesadaranku berbeda. Yg tampil dalam drimu banyak. Pemahaman mempengaruhi kesadaran, kesadaraan mempengaruhi tindakan yg sesuai dgn kesadaran.

·         Manusia hy melhat alam semseta untung rugi maka dia akan cndrung berpikir unutng rugi.


    berikut ini kuliah dari salihara

Hermenuitik Faktisitas

·         Memahami Gadamer harus tau Heideger

·         Heideger dan hermenuitik faktisitas.

·         Kekhasan dari heideger, seperti prastruktur pemahaman, kemahwaktuan.

·         Membaca teks lalu interpretasi untuk mengejar obyekifitas.

·         Seni memahami (schliemacher). Obyektivisme, positivism

·         Heideger lahir di kota kecil, 26 september 86, saat kecil jadi misdinar dan sangat dipengaruhi  oleh katolisisme, selama hidup banyak dapat beasiswa dari gereja katolik. Pernah bergabung jadi Jesuit. Banyak mempelajari filsuf besar. Dia lalu putus hubungan dengan system gereja Katolik, mungkinn masih percaya tapi tdk mau berhubungan dgn doktrin katolik, dia pernah berdoa, walau break tapi dia tetap menerima beasiswa. Heideger menjadi anggota dan pembela Nazi, dia berpidato penegasan diri sbg. Sjanda dgn Hana Arend yakni selingkuh. Ia menyatakan penyesalan terhadap heideger dlm nazi. Antisemitisme terlau besar. Juga pondok oktober untuk menyepi, orang ini adalah sangat sederhana, dan sangat akrab dgn pertanian, ia menerima mahasiswanya untuk berngobrol. Dan bicara ttg ajaran dun scotus,

·         Heideger melakuakn persoalan ttg ada, mengapa yg ada ini harus ada? Kalaw engkau ingin tahu ttg ada maka telitilah mahluk yg mempertanyakan ttg ada, yakni manusia. / tidak ada pikir manusia sbg mahluk untuk mempersoalkan ttg ada, ada itu sudah meningkapkan dirinya. (

·         Fenomenologi suatu gerakan intelktual 20 mendirikan fenomenlogi Husserl. Semboyannya kemalilah kepada benda-benda/hal-hal itu sendiri. Dalam kehidupan kita setiap hari banyak hal yg sudah diitterpretasi dgn ilmu-ilmu lain, kita tidak bia melihat hal-hal itu sendiri sebab banyak tafsiran.

·         Maka persoalan-persoalan canggih seperti itu diberi tanda kurung dahulu, biarkan fenomena itu tampil apa adanya dahulu. Contoh persoalan ttg kubus? Bagaiaman kita tahu bahwa kubus itu memiliki enam sisi yakni bahwa, 1.kita mendekati kubus dgn tubuh kita pertama-tama, bukan dengan cogito (Descartes), sbb kubus itu sudah ada dalam pikiran kita. Husserl, kubus itu kita lihat hnya satu sisi dan kita lihat. 2 hal-hal itu yg kita sebut kubus ideal dalam pikiran, nah untuk mencapai atau menjauhkan yg ideal maka singkirkan dahulu yg ideal supaya kita mengetahui kubus itu sendri. Contoh kita adalah tubuh dan saat sakit baru kita tahu bahwa kita memiliki tubuh.

·         Fenomenologi emosi, psikologi katakana bahwa emosi itu adalah hal-hal psikoogi, sarte katakana bahwa emosi itu adalah suatu pengahyatan manusi di dunia ini, ketika seseorang memiliki sesuatu yg ideal dan manusia buru2 untuk mencapainya, ketika mnsia tdk sapai maka munculah kemarahan.

·         Heideger fenomnenologi = yg menampakan diri, sesuatu yg tampak dalam kesadaran, bukan hnay mengindrai tapi menampakan diri/ pra reflektif,  pohon menampakan diri apa addana. Logos=. diskurusus Fenomenologi Memperlihatkan membiarkan apa yg memperlihatkan diri itu dilihat dari apa yg menampakan diri itu diihat dari apa yg ditampakan… dgn cara dia mempperlihatkan drii dari cara ia menampkan dirinya. Fenomenelogi sbg sebah hermenuitik. Jika yg menampakan diri adalah ada, maka ada yg ontology ? satu cacanya adalah dgn menguliti apa yg konkreat, seperti Jakarta, perempuan, pneggemar rujak. Apa yg menyamakan ibu dgn saya atau dgn meja, ciptaan … apa yg menyamakan ibu dgn Tuhan yakni ia ada. Maka ada adalah cakupan yg paling luas dari pencarian itu, maka inilah yg sdg digumuli heidegerr.

·         Pemikirn ttg ada pra reflektif, subyek-obyek. Sy melihat meja, sy subyektif, meja obyektif. Ketika kita berjumpa dgn meja mka itu apa adanya.

·         Dasein=manusia. Manusia sudah diinerpretasi dgn berbagai pemaknaan yg ilmial. Manusia adalah dasein=there being yg ada di sana. Joko ada di sana, tidak bisa digantikan. Dlm segala hal aku adalah otentik (kematian) sangat personal. Melampaui subeyk dan obetkrif.

·         Faktisitas dari dasein sudah jelas di situ. Ia memberi tanda kurung dari interpretasi religious, manusia ada di dunia ini tidak tahu dari mana dia dan kemana dia. Keterlemparan, ada begitu saja.

·         Manusia ada di sana keterlemparan= tidk tahu dari mana dan ke mana maka munculah rasa kesemasan (angst). Hal ini membuat manusia berada di dalam dunia buka keterlemparan dari dunia. Dassein mendunia, tidak ada dnuia tanpa dassein. Dunia muncul Karen ada manusia.

·         Di dunia ini manusia berjumpa dgn berbagai hal yg tdak mendunia 1.alat-alat (pertukangan dll, dan Bahasa= bah berkaitan dgn jejaring makna dari alat), 2. Di depan tangan hal-hal yg bukan alat. 3.mitdasain das2 yg lain.

·         Dlm buku itu bagaimana manusia megahadapi keterlemparan. Utnuk menghindari keterlemparan (kecemasan) maka 1. Memahami = cara bereksistensi. Interpretasi ttg legenda, mitos itu adalah upaya ferstein. Kata ini lalu dipahami sbgai caa ada.

·         Prastruktur memahami= kita maksudkan sebuah persoalan eksistensial, kemmpuan seseoran untuk memahami cara berada. Bukan sesuatu yg kita memahamai. Kita adalah memahami itu sendiri, memahami adalah momen yg sama primordial dgn kecemasan.

·         Sebelum kita memahami sesutau sudah ada prapemahaman, maka temporalitas kemaaan adalah masa depan.

·         Memahami bukan soal dia tahu, tapi tangannya mengartikulalasi=tangannya, hatinya, rasanya, spontan terartikulasi bukan pengetahuan kognitif. Memahami agama bukan beraati tau teologi, hidup dgn cara agama itu. Paham secara keseluruhan = memamahami cara bereksistensi secara keseluruhan.

·         Memahami dalam paham ontologis, interpreasi adalah pengembangan dari pemahaman. Yg ada dahulu adalah pemahaman.

·         1. Aktiitas inter yg diarahkan temporalitas masa depan, ada kemungkinan, selalu ada proyeksi akan msa depan selalu akan ketertarikan ke masa depan. Proyektif , fohaber {merencanakan) memimilki sebelumnya, mendahului, memiliki antiiasi masa depan, hati-hati atau melihat sebelumnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Perihal Hidup: Sejak awal 2023, saya sudah disibukkan dengan satu pekerjaan baru yakni penyelenggara Pemilu persisnya panwaslu desa (PKD...